Hai sahabat Felicia! šŸ˜€

Kali ini kami akan membahas sebuah artikel tentang bagaimana cara merawat kelinci agar tetap sehat. Siapa yang tidak suka dengan hewan imut ini? Kalian ingin memeliharanya? Yuk, Baca dulu tips berikut. Tips berikut kami lansir dari myhouserabbit.com gambaran umum tentang cara merawat kelinci peliharaan:

#1: Berikan Kelinci Rumah Indoors

Ada beberapa pilihan untuk kelinci di dalam rumah. Mereka dapat hidup bebas di dalam kamar. Kelinci dapat pula ditempatkan dalam kandang anjing, container kelinci atau kandang kelinci besar. Jika ditempatkan di kontainer, tempatnya haruslah cukup luas agar mereka bisa bebas melompat-lompat. Namun, jangan lupa jika ditaruh di kontainer, mereka harus dikeluarkan dari kandang mereka setidaknya selama beberapa jam setiap hari untuk latihan.

Yang perlu diperhatikan adalah pastikan lokasi utama kelinci kalian tidak terisolasi dari kamu dan keluargamu. 

#2 Bunny Proofing Your House

Kelinci membutuhkan ruang untuk berlari-lari dan menjelajah. Untuk menciptakan ruang yang aman untuk kelincimu dan untuk melindungi barang-barang yang penting dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk memperhatikan kabel-kabel yang ada disekitar kelinci kalian.

Kamu juga harus memblokir area tertentu karena kelinci suka mengunyah bagian bawah tempat tidur, item di rak buku, tanaman rumah, dan banyak lagi. Pada dasarnya, kelinci Anda akan mencoba mengunyah segala sesuatu dalam jangkauan.

#3 Berikanlah Jerami Segar

kelinci makan jerami
Sumber: bluecross.org.uk

Diet kelinci terutama harus terdapat jerami. Jerami segar harus diberikan kepada kelinci setiap saat. Kelinci dewasa harus diberi makan rumput timothy, rumput jerami atau jerami gandum.

Menggunakan pengumpan jerami yang besar sangat membantu karena membuat jerami kering dalam jumlah besar, bersih dan mudah diakses.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kucing Aman Saat Bepergian Dengan Mobil

#4 Sediakan Sayur-Sayuran Hijau Segar, Pelet Kaya Serat dan Air Segar

Menyediakan sayur-sayuran hijau segar, pelet kaya serat (dalam jumlah terbatas untuk kelinci dewasa), dan air segar tiap harinya. Penuhi gizi kelincimu agar tetap sehat šŸ™‚

#5 Set Up Litter Box

Tahukah kalian, litter box itu bukan hanya untuk kucing maupun anjing lho, kelinci juga memerlukannya. Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan buang air kecil di suatu area. Manfaatkanlah litter box berukuran sedang dan tempatkanlah liiter box tersebut dekat dengan mangkuk makanan,  air dan pengumpan jerami.

Taruh lapisan tipis tempat sampah pelet kertas koran yang aman untuk daur ulang di bawah bagian kotak pasir. Jangan gunakan kotoran kucing ataupun serutan kayu, karena mereka tidak aman untuk kelinci. Lalu taruh jerami di atas sampah. Kelinci suka makan jerami dan kotoran pada saat yang sama, jadi ini akan mendorong kebiasaan kotak pasir yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *